Apa Itu Nessus ?



Apa Itu Nessus ?

Nessus adalah open source, complete, cross-platform vulnerability scanner dengan command-line dan GUI. Ini adalah salah satu alat penilaian kelemahan yang paling umum digunakan saat ini .Proses pembaruan diubah beberapa tahun yang lalu.

Pengembang Nessus telah menyusun program ini sehingga pembaruan plug-in real-time memerlukan biaya. Tujuannya agar mereka yang membayar biaya akan mendapatkan update plug-in real-time, sedangkan mereka yang mendaftar akan menerima update yang sudah tua. Masih ada juga pakan yang tersedia untuk masyarakat. Pilihan ini membuat plug-in tersedia yang telah ditulis oleh masyarakat umum.


Ide Nessus pertama kali dikembangkan pada akhir 1990-an oleh Renaud Deraison. Nessus dianggap sebagai aplikasi open source yang akan memberikan update cepat oleh anggota masyarakat yang dapat mengembangkan plug-in mereka sendiri untuk penggunaannya atau penggunaan masyarakat. Nessus adalah alat yang harus dimiliki seseorang yang mengembangkan laboratorium keamanan jaringan. Coba pikirkan penawaran komersial lainnya yang menggunakan Nessus sebagai unsur produk mereka: IBM, VeriSign, Symantec, dan ScannerX hanyalah beberapa dari mereka. Pengembang lain saat ini menggunakan atau telah menggunakan Nessus sebagai bagian dari produk komersial yang mereka tawarkan.

Nessus sangat baik untuk menemukan kelemahan platform dan perangkat jaringan (seperti missing patches dan misconfigurations). Ini diperbarui secara teratur dan terbaik dari semuanya gratis (bahkan lisensi berbayarnya murah bila dibandingkan dengan produk lainnya).

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Digispark USB?

Apa Itu ESP8266?